3 Jenis Durian Paling Genjah yang Akan Membuat Anda Bahagia

Buah durian yang dijuluki sebagai rajanya buah alias king of fruits memang dipastikan tidak pernah mengalami sepi peminat.

Apalagi di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya adalah pencinta durian. Membuat permintaan terhadap buah ini selalu tinggi dan stabil setiap saat.

Kondisi ini membuat petani durian berlomba-lomba mencari jenis durian paling genjah yang dapat tumbuh cepat dan banyak untuk bisa memenuhi permintaan pasar.

Pencarian jenis durian paling genjah ini juga dibarengi dengan pencarian jenis durian dengan rasa yang sedap.

Karena apa gunanya memiliki pohon yang bisa berbuah dengan cepat dan banyak tapi rasa buahnya hambar. Untuk itu jangan salah pilih, ini beberapa rekomendasi untuk anda.Jenis durian yang paling genjah dengan rasa mantap yang akan membuat anda bahagia.

1. Durian Bawor

Durian bawor merupakan durian lokal asli Banyumas, Jawa Tengah. Diciptakan oleh seorang petani durian bernama Sarno Ahmad Darsono yang mencoba untuk membuat durian dengan varietas baru.

Pak Sarno menggabungkan berbagai jenis durian unggul lokal dan import lalu ditanam menggunakan teknik okulasi.Berkat usaha kerasnya pak Sarno berhasil menciptakan durian yang bukan hanya memiliki citarasa yang sedap namun menjadi jenis durian paling genjah di Indonesia.

Untuk mendapatkan bibitnya pun saat ini sudah mudah, banyak yang jual bibit durian bawor ini di beberapa daerah atau di toko online.

Citarasa durian bawor merupakan kesukaan pencinta durian lokal.Manis, legit dengan sedikit rasa pahit karena kadar alkohol yang terkandung dalam buahnya. Membuatnya dicari-cari penikmat durian.

Selain rasanya yang mantap ukuran buah durian bawor juga besar. Berat rata-rata durian ini antara 6-9 kg/buah, dan bobot maksimal yang pernah dicapainya yaitu 15kg/buah.

Durian bawor bisa dipanen saat berusia 3 tahun setelah masa tanam, kecepatan berbuahnya bahkan mengalahkan saingannya yaitu durian montong dari Thailand.

Produktivitas durian ini akan berada pada tingkat maksimal saat mulai berusia 5 tahun. Pohon yang telah berusia 5 tahun dapat menghasilkan durian sampai 100kg. Karena pohonnya berbuah dan berbunga sepanjang tahun sehingga dalam satu tahun durian bawor bisa mengalami masa panen sampai 3 kali.

Semakin tua batang durian ini maka akan semakin lebat buah yang dihasilkan, benar-benar jenis durian paling genjah.

2. Durian Malika

Durian malika adalah jenis durian paling genjah di kota Semarang. Pohon induk durian ini sangat langka, karena hanya ada satu di dunia.

Lokasinya berada di desa Kandri, kecamatan Gunungpati, Semarang. Tepatnya di warung milik pak Muali sebelah utara SMA Semesta.

Malika punya sejarah yang unik dengan namanya, nama malika diambil dari nama istri pak Muali sendiri yang bernama “Mak Likah”. Pohon indukan ini juga merupakan warisan turun temurun dari keluarga pak Muali.

Disebut sebagai durian paling genjah karena dari satu pohon indukan durian malika, bisa menghasilkan buah durian sebanyak seribu buah.

Bahkan ketika masa panen raya sekitar bulan januari, pohon indukan durian malika dapat menghasilkan buah durian sampai seribu lebih.

Selain menjadi jenis durian paling genjah, rasa durian malika juga khas karena tidak dimiliki durian lain. Durian malika memiliki rasa legit, dan manis yang pas. Selain itu aroma durian ini juga semerbak ketika dibelah.

3. Durian musang king

Durian musang king alias durian raja kucing ini sangat terkenal di Malaysia hingga mancanegara. Bahkan durian ini disebut-sebut sebagai rajanya buah durian. Karena memiliki warna yang cantik, daging buah tebal dengan biji kecil, dan rasa yang mantap.

Selain itu, durian musang king merupakan jenis durian paling genjah yang berasal dari Malaysia. Pohon durian musang king dapat menghasilkan buah yang banyak ketika berusia tiga tahun.

Kecepatan berbuahnya ini lebih cepat dari durian lain yang membutuhkan waktu 5-6 tahun untuk bisa berbuah.

Syarat bibit harus dari perbanyakan vegetatif, anda bisa mendapatkan dari lapak yang jual bibit durian baik dari sistem okulasi, sambung, cangkok atau tempel.

Tingkat adaptasi pohon durian musang king juga sangat tinggi, durian ini bisa ditanam pada ketinggian berapapun, dari dataran rendah sampai dataran tinggi.

Namun untuk menjadi durian paling genjah durian musang king harus ditanam pada ketinggian yang ideal yaitu sekitar 400 sampai 600 mdpl.