Cetak Kalender, Rencakan Dulu!

Dalam merencanakan proyek pencetakan kalender, fakta yang paling jelas untuk diperhatikan adalah bahwa setiap kalender adalah produk yang peka terhadap waktu, dan memiliki tenggat waktu distribusi. Untuk kalender standar 2020, jika kalender Anda tidak ada di tangan pelanggan anda sebelum 1 Januari 2020, maka mereka mungkin sudah menemukan alternatif. Untuk kalender yang tidak standar, tenggat waktu mungkin lebih cepat (mis., Kalender tahun ajaran sekolah harus berada di tangan pengguna sekitar 1-2 minggu sebelum awal sekolah). Bekerja mundur dari tenggat waktu absolut ini dapat memberi Anda kerangka waktu yang baik untuk seluruh proyek.
Pencetakan kalender dapat dipecah menjadi empat kegiatan: perencanaan, produksi, pemasaran, dan distribusi. Kami akan membahasnya secara mundur, karena itu kami akan mulai dengan distribusi.

Mendistribusikan Kalender Cetak Anda

Bagaimana Anda mendapatkan kalender ke tangan pelanggan ataupun calon pelanggan anda? Apakah Anda memberikannya? Jika demikian, maka seharusnya relatif mudah untuk mengetahui logistik distribusi dan menentukan pada tanggal berapa Anda harus memiliki kalender. Atau mungkin Anda mengirimkannya ke pelanggan atau karyawan Anda; dalam hal ini Anda hanya perlu memastikan Anda memiliki cukup waktu untuk memasukkan ke dalam amplop, menambahkan surat pengantar, pengalamatan dan pengiriman surat. Atau pertimbangkan untuk meminta perusahaan percetakan atau kantor pos menangani pengiriman kalender – mungkin akan lebih murah dan lebih mudah bagi Anda. Pastikan Anda mencari tahu dari percetakan atau kantor pos berapa banyak waktu tambahan yang dibutuhkan untuk pendistribusian.
Jika, di sisi lain, Anda berencana untuk mencetak kalender dan menjualnya, baik sebagai penggalangan dana nirlaba atau sebagai usaha mencari untung, maka distribusinya sedikit lebih rumit. Berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk penjualan tergantung pada strategi penjualan Anda. Apakah Anda menjual di festival lokal atau acara lainnya? Jika demikian, maka itu memberi Anda tenggat waktu, tetapi perlu diingat bahwa akan lebih baik jika Anda dapat menjual di banyak acara, jika kehadiran atau penjualan di satu acara tidak seperti yang Anda harapkan. Atau mungkin Anda memiliki sukarelawan yang menjual kalender kepada teman dan keluarga atau dari pintu ke pintu. Jika demikian, Anda harus mengizinkan setidaknya dua minggu, dan lebih baik hingga empat minggu, karena semua sukarelawan memiliki jadwal yang berbeda, dan beberapa akan membutuhkan pengingat dan dorongan.

Kalender menjadi hadiah Natal yang luar biasa. Jika itu adalah bagian dari rencana penjualan Anda, maka ingatlah bahwa jika Anda membuat kalender Anda tersedia seminggu sebelum Natal, banyak orang sudah menyelesaikan sebagian besar belanja Natal mereka. Namun, jika Anda dapat mulai menjual sekitar bulan november pertengahan, maka Anda bisa mendapatkan pembeli lebih banyak. Tentu saja memberi diri Anda lebih banyak waktu penjualan selalu merupakan ide bagus. Banyak penggalang dana yang sukses mulai menjual kalender pada awal September.
Apakah Anda menjual kalender online? Jika demikian, maka Anda perlu memberikan waktu pengiriman. Itu berarti bahwa untuk hadiah Natal, Anda ingin sebagian besar kalender Anda terjual sekitar 15 Desember, jika tidak, pembeli Anda harus membayar untuk pengiriman yang dipercepat. Anda perlu memberikan waktu yang cukup bagi orang untuk menemukan kalender Anda secara online, jadi Anda mungkin ingin kalender Anda tersedia untuk dijual secara online sekitar pertengahan November.

Atau mungkin Anda menjual kalender di lokasi ritel. Jika demikian, bicarakan dengan pengecer Anda lebih awal. Anda mungkin akan mengetahui bahwa mereka lebih suka memiliki barang-barang Natal mereka di tangan pada tanggal 1 September atau bahkan lebih cepat. Dengan begitu mereka dapat memastikan rak jualan mereka tetap penuh. Pengecer berantai seperti penjual buku besar mungkin menginginkan kalender di tangan secepat Juli, sehingga mereka dapat menyimpannya dan mendistribusikannya ke lokasi mereka sendiri. Selain itu, tanyakan kepada pengecer tentang persyaratan pengemasan dan pelabelan – mereka mungkin perlu kalender Anda dibungkus dan untuk memasukkan barcode ISBN.

Pemasaran Kalender Anda

Jika Anda mencetak kalender yang ingin Anda jual, Anda harus yakin untuk mengembangkan dan menerapkan rencana pemasaran yang solid. Pemasaran tidak harus menambah durasi keseluruhan proyek kalender – Anda dapat dan harus memulai pemasaran selama tahap perencanaan dan produksi kalender cetak. Namun, jika Anda menunggu untuk memulai memasarkan kalender setelah Anda memiliki kalender di tangan, maka Anda harus menunggu beberapa minggu, sebelum pesan pemasaran Anda berhasil menjangkau target klien yang dituju dan memotivasi mereka untuk membeli.

Proses Produksi Kalender Cetak

Fase produksi proyek pencetakan kalender dimulai ketika Anda menyerahkan semua gambar, teks, logo, iklan, dll ke Percetakan Kalender, dan kemudian perusahaan jasa cetak kalender akan mengubahnya menjadi karya seni kalender untuk Anda setujui, yang kemudian akan dicetak di kertas art paper untuk kalendar dinding, atau kertas duplex untuk kalender meja. Hasil cetak kalender akan diberikan kepada Anda sebagai produk jadi. Pastikan Anda berbicara dengan percetakan Anda sejak awal untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan. Dalam kasus di Famous Printing, biasanya sekitar tiga minggu (terkadang lebih cepat jika Anda memiliki tenggat waktu tertentu). Jika Anda hendak mengantisipasi perubahan atau penambahan pada menit terakhir, maka Anda mungkin harus memberikan sedikit waktu tambahan – mungkin total sebulan – untuk produksi.

Tahap Perencanaan Kalender

cetak kalender murahTahap perencanaan pencetakan kalender mencakup semua yang ada sebelum diserahkan ke Percetakan Kalender. Beberapa item perencanaan akan membutuhkan waktu. Pertama dan terpenting, kumpulkan tim. Semakin banyak orang yang menginvestasikan waktu mereka di kalender Anda maka akan semakin bagus hasilnya. Anda harus mengumpulkan karya seni. Jika Anda sudah memiliki foto dan Anda hanya perlu memilah-milahnya, itu bagus. Jika Anda perlu mengumpulkan foto atau mengadakan kontes foto atau seni, Maka Anda perlu memberikan waktu ekstra untuk itu. Sebuah kontes memerlukan waktu untuk berjalan dan juga waktu untuk memasarkan sehingga Anda memiliki partisipan yang memadai. Anda juga perlu mengumpulkan segala hal lain yang ada di kalender, mungkin termasuk informasi tanggal, keterangan, logo, pernyataan misi, surat dari direktur / presiden / menteri, dll.

Apakah kalender Anda termasuk iklan? Jika demikian, maka Anda perlu memastikan bahwa seseorang (atau lebih baik tim) menghubungi bisnis untuk menjual ruang iklan kepada mereka dan mengumpulkan bahan-bahan iklan seperti foto dari mereka. Terkadang karya seni periklanan sesederhana kartu nama, tetapi di lain waktu, diperlukan waktu lebih lama dari yang diperkirakan untuk mengumpulkan semua karya seni periklanan. Pastikan Anda memberikan banyak waktu untuk ini.

Jadi, seberapa cepat Anda harus mulai mengerjakannya jika Anda perlu mencetak kalender yang sesuai dengan spesifikasi Anda? Itu semua tergantung. Jika Anda memiliki segala bahan yang dibutuhkan untuk percetakan Anda dan distribusi cuma buat karyawan perusahaan misalnya, maka waktu tunggu tiga hingga empat minggu mungkin sudah cukup. Namun, jika Anda harus mengumpulkan tim, mengumpulkan foto dan teks, menjual iklan, merencanakan kampanye pemasaran, mengatur tim penjualan, dan / atau menempatkan kalender di toko-toko ritel, maka Anda harus bekerja mundur dan mencari tahu berapa banyak waktu yang Anda butuhkan. Mungkin Mei atau Juni adalah waktu yang tepat untuk mulai merencanakan proyek kalender Anda.