Penerbitan Majalah Pertama Anda: Berapa Banyak yang Harus Anda Cetak?

Dalam menerbitkan majalah Anda, pencetakan akan menjadi biaya terbesar Anda. Karena alasan ini, penting untuk tidak mencetak terlalu banyak. Sementara itu Anda juga perlu berusaha agar pengiklan Anda mendapatkan hasil yang diharapkan dan itu berarti banyak orang melihat iklan mereka. Dengan demikian muncul pertanyaan baru yaitu "Berapa banyak yang harus saya cetak?"

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan berapa banyak majalah yang akan dicetak. Lihatlah ukuran audiens yang ingin Anda jangkau, metode distribusi dan anggaran Anda.

Ukuran Audiens Anda

Ukuran audiens Anda dapat ditentukan dengan melihat populasi kota Anda atau mungkin membuat survey atau jajak pendapat. Ini adalah tahap yang penting untuk menentukan kira-kira berapa majalah yang harus Anda cetak. Usahakan mendapatkan data se-spesifik mungkin. Contohnya jika anda hendak membuat majalah tentang hewan peliharaan, maka anda harus memperkirakan kira-kira jumlah keluarga yang memiliki hewan peliharaan ada berapa? Semakin spesifik akan semakin baik. Contohnya mungkin anda buat majalah untuk pecinta kucing saja. Jadi perkiraan audiensnya juga lebih spesifik.

Semisal anda memperkirakan ada 500.000 keluarga di surabaya yang memiliki kucing sebagai hewan peliharaan. Maka anda bisa memperkirakan jumlah cetak majalah anda adalah 10% nya, yaitu sekitar 50.000 eksemplar.

Metode Distribusi

Metode distribusi Anda juga akan mempengaruhi berapa banyak majalah yang akan dicetak. Jika Anda sudah memiliki 2.000 orang yang telah berlangganan atau membayar di muka untuk mendapatkan majalah cetak yang anda terbitkan, maka jelas Anda perlu mencetak setidaknya 2000. Di sisi lain, jika Anda mendistribusikan majalah secara gratis, akan lebih bijaksana untuk tetap pada konservatif. Pikirkan di mana Anda akan menempatkan majalah ini.

Menjual majalah di kios koran, sementara saya tidak menyarankannya, walaupun mereka mungkin memerlukan sejumlah salinan majalah untuk saluran distribusi mereka. Saya tidak menyarankan berjualan di kios-kios koran jika anda baru merintis karena jika mereka tidak menjual, majalah-majalah tersebut akan dihancurkan dan dibuang. 

cetak majalah surabaya

Anggaran Budget

Terakhir, anggaran Anda akan sangat menentukan berapa banyak majalah yang akan Anda cetak untuk terbitan pertama. Sebelum mendekati pengiklan Anda, ada baiknya untuk mengetahui berapa banyak majalah yang akan Anda cetak dan di mana mereka akan didistribusikan. Itu bagian dari paket yang Anda jual. Jadi, jika Anda memberi tahu pengiklan Anda bahwa Anda mencetak 5.000 eksemplar, paling tidak anda harus memiliki uang untuk menutupi biayanya seandainya Anda tidak menjual sebanyak iklan yang diharapkan atau siap bekerja keras untuk menghasilkan uang untuk menutupi biaya Anda.

Meskipun saya menyarankan untuk tetap berada di sisi konservatif untuk pencetakan majalah perdana anda, tentunya Anda ingin memastikan pengiklan Anda senang, yang berarti bahwa mereka mendapatkan hasil dari iklan mereka. Pastikan untuk memiliki alamat web majalah Anda secara jelas di sampul depan, atau Anda dapat mengatakan "kunjungi kami di web". Dengan cara ini jika calon pengiklan anda tidak membeli majalah, mereka selalu dapat melihat situs web resmi majalah tsb. Dengan harapan mereka akan tertarik ketika mereka membaca isi majalah anda secara online. Pengiklan Anda harus berada di situs web Anda, dan itu salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak eksposur untuk majalah Anda tanpa harus mencetak terlalu banyak salinan.

Pilihan lain adalah pencetakan sesuai permintaan (Print On Demand). Ini sedikit lebih mahal per eksemplar daripada jika Anda memilih untuk mencetak banyak sekaligus. Anda mendapat manfaat dari tidak mengeluarkan terlalu banyak uang di muka, tetapi kelemahannya adalah kemungkinan majalah anda akan dibeli lebih sedikit. Alasannya karena banyak orang tidak tahu menahu tentang majalah yang anda cetak.

Untuk meringkas, ketika memutuskan berapa banyak majalah untuk dicetak, pertimbangkan ukuran audiens Anda. Lihatlah metode distribusi Anda untuk menentukan kebutuhan Anda dan akhirnya pertimbangkan anggaran Anda.

Memilih mencetak majalah di percetakan surabaya tentu merupakan pilihan yang baik. Surabaya sebagai kota metropolitan, membuat biaya cetak di percetakan jauh lebih murah daripada di kota-kota lain. Buat anda yang tertarik membuat majalah cetak, coba saja di famous printing Surabaya