Nathan Genius Pengembang Aritifical Inteligence Kaya di Film Ex Machina

Bagi kalian penonton yang menyukai artificial intelligence tentunya mengetahui film Ex machina. salah satu karakter menarik di film tersebut yaitu nathan. Nathan adalah pemilik perusahaan sukses yang mengembangkan mesin browser bernama blue book dan merupakan mesin browser paling populer seluruh dunia.

Selain kejeniusannya dalam mengembangkan perusahaan tersebut yang membuat nathan kaya. Setelah mendapatkan kekayaannya nathan memiliki akses untuk membangun robot artificial intelligence miliknya. Nathan membangun robot yang memiliki kesadaran tentang eksistensinya robot tersebut bernama ava.

Selain membangun ava, nathan juga membangun robot pembantu yang mengurus kebersihan dan makanan fasilitas tersebut bernama kyoko. Nathan adalah programmer genius yang mulai menulis program dasar blue book disaat umurnya 13 tahun. Caleb mengagumi hasil karya nathan tersebut dan menyebut program yang dibuatnya sebagai mozart di bidang programmer.

ex machina

selain kegeniusan nathan di bidang programmer ternyata nathan digambarkan sebagai seseorang yang suka mabuk. Setiap malam caleb menemukan nathan sedang mabuk kebanyakan minum beer yang dimilikinya. Namun di pagi harinya caleb kemudian menemukan bagaimana nathan mengeluarkan racun sisa hangovernya semalaman dengan melakukan gym, berolahraga dan mengangkat barbel sambil minum jus sayuran.

Selain hal tersebut nathan sendiri mengerti mengenai bagaimana kesadaran seorang robot juga tidak bisa dipisahkan dari interaksi robot tersebut dengan entitas lain. Oleh karena itu nathan juga membuat ava sebagai robot yang memiliki kelamin dan diprogram sebagai seorang heteroseksual. Program tersebut digunakan nathan untuk memperlancar interaksi yang dilakukan ava terhadap caleb, bagaimana ava dapat menggoda atau merayu caleb seperti seorang perempuan.

Nathan memahami dasar interaksi antar manusia dan dengan mengimplementasikannya di robot, nathan mencoba mensimulasikan seorang robot yang semirip mungkin didesain seperti layaknya manusia yang memiliki perasaan, nafsu, kesadaran, seksualitas. Selain itu, tes tersebut juga menjelaskan bagaimana ava sebenarnya dikatakan berhasil melewati turing test tersebut oleh nathan jika ava dapat memanipulasi caleb seperti membantunya keluar dari fasilitas tersebut.

Manipulasi tersebut seperti mempengaruhi caleb dengan cara ava seperti merayu, pura pura menyukai caleb dan segala cara yang dimiliki ava. Ingin tahu apakah ava benar benar bisa keluar dari fasilitas tersebut? Kalian bisa mengetahuinya lewat tieconeast.org