Inilah 4 Langkah Mudah Membuat Ilustrasi Tulisan Pada Blog yang Baik dan Benar

Di dalam blogging, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah template, widget, konten, dan komponen lainnya. Nah konten atau tulisan merupakan salah satu komponen blog yang sangat penting. Untuk itu, seorang blogger harus mampu membuat tulisan yang berkualitas untuk menarik minat pembaca. Untuk membuat tulisan menjadi lebih baik, kita perlu menggunakan teknik ilustrasi tulisan.

Apa sih ilustrasi tulisan itu? Jadi, ilustrasi tulisan merupakan keterangan gambar yang digunakan untuk mewakilkan dan mencermikan tulisan yang telah kita buat. Penambahan gambar dalam sebuah tulisan akan menjadikan tulisan tersebut terkesan lebih hidup dan menarik. Untuk itu, kita sebagai blogger diharuskan menambahkan keterangan gambar atau keterangan gambar pada konten yang sudah kita tulis. Namun sebenarnya, bagaimana sih cara membuat ilustrasi tulisan yang baik dan benar? Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Menyesuaikan tema

Langkah paling awal untuk membuat ilustrasi tulisan ialah menyesuaikannya dengan topik tulisan. Kesesuaian ilustrasi tulisan dengan topik yang dituliskan akan membuat konten blog tersebut menjadi lebih menarik sehingga  menarik minat para pengunjung untuk membaca tulisanmu.

 

Mencari gambar yang cocok

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan dalam membuat ilustrasi tulisan yaitu mencari gambar atau foto yang cocok dengan tulisan yang kamu buat. Cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencari gambar-gambar tersebut yaitu lewat search engine. Jangan lupa juga untuk memilih kualitas dan resolusi gambar yang bagus ya! Nah bagi kamu yang ahli dalam membuat gambar sendiri, jangan ragu untuk menambahkan gambar buatanmu ke dalam blogmu karena hal seperti itu malah berpeluang menarik minat pengunjung lho!

 

Melakukan editing pada tulisan

Terkadang tulisan yang kita cari di search engine tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Untuk itu, kita perlu melakukan pengeditan pada bagian-bagian ilustrasi tulisan yang masih kurang pas. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi pengeditnya agar pekerjaaan menjadi lebih mudah dan cepat. Mulai dari picsARt(pada smartphone), Adobe Photoshop, Corel draw, Microsoft office picture manager, dan lainnya.

 

Menerapkan ilustrasi tulisan

Setelah melakukan 3 langkah sebelum ini, kita tinggal menerapkan ilustrasi tulisan tersebut pada blog kita. Jangan lupa juga untuk menambahkan caption(keterangan) pada ilustrasi itulisan yang dibuat supaya penjelasan gambar semakin jelas dan mudah dimengerti pembaca. Selain itu, tambahkan juga sumber gambar yang kamu dapatkan dari website orang lain ataupun  search engine.

Itulah 4 langkah mudah membuat ilustrasi  tulisan pada blog yang baik dan benar. Semoga infromasi kali ini dapat membantumu dalam mengembangkan konten blogmu ya! Jangan lupa kunjungi juragan online blog imers.