Catat! Ternyata Ini Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan rempah-rempah yang bisa menambah citarasa masakan yang yang dibuat oleh masyarakat di tanah air. Selain itu rempah-rempah yang ada di Indonesia juga bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit biasa maupun penyakit yang mematikan. Selain itu di Indonesia juga banyak tumbuh tumbuhan yang memiliki daun yang bisa dikonsumsi untuk menambah cita rasa atau bisa digunakan sebagai lauk pauk. Seperti yang kita tahu Indonesia merupakan negara yang sangat amat subur yang bisa menumbuhkan berbagai tanaman untuk dikonsumsi oleh masyarakat di tanah air. Sangking suburnya tanah di Indonesia, apabila biji dilempar di tanah maka bisa tumbuh subur.

Selain itu ada salah satu jenis tumbuhan yang daunnya seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai tambahan untuk membuat masakan menjadi harum, ialah pandan.  Daun pandan biasanya digunakan untuk membuat bubur atau kolak pisang dan ubi. Wangi yang dihasilkan dari daun pandan apabila dimasak bersamaan dengan santan bisa menambah cita rasa dari masakan tersebut. Selain itu daun pandan juga digunakan untuk membuat minuman menjadi harum salah satu minuman tradisional yang menggunakan daun pandan ialah cendol. Di Indonesia sendiri daun pandan bisa ditemukan di berbagai daerah bahkan ada beberapa rumah yang menanam daun pandan di pekarangan rumah mereka. Apabila mendekati bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri maka para ibu-ibu seringkali membeli daun pandan di pasar untuk membuat berbagai aneka makanan untuk berbuka puasa seperti kolak pisang dan kolak ubi.

Dan ketika hari raya Idul Fitri para ibu-ibu sering kali membuat ketupat pulut dengan menggunakan daun pandan agar wangi.  Makanan yang diolah dengan menggunakan daun pandan memang memiliki aroma yang sangat unik dan lezat, oleh karena itu biasanya masyarakat Indonesia membuat makanan tertentu dengan menggunakan daun pandan. Harga daun pandan di Indonesia juga terbilang sangat murah karena bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Selain sebagai bahan tambahan untuk masakan Indonesia daun pandan ternyata juga memiliki berbagai manfaat. Dan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai manfaat daun pandan untuk kesehatan. Dan semoga informasi tersebut bisa bermanfaat buat kamu. Daripada panjang lebar mendingan langsung saja kita simak informasi mengenai manfaat daun pandan untuk kesehatan.

Manfaat Daun Pandan.

Daun pandan

Berikut ini manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh :

Bahan alami untuk mengontrol (menurunkan) diabetes atau kadar gula.

Manfaat daun pandan yang pertama ialah sebagai bahan alami yang bisa menurunkan diabetes atau kadar gula yang terlalu tinggi didalam tubuh manusia. Jadi buat kamu yang memiliki kadar gula yang terlalu tinggi didalam Tubuh kamu bisa mengkonsumsi daun pandan sebagai obat herbal atau obat alami untuk menurunkan kadar gula yang ada di dalam tubuh kamu. Obat-obat herbal atau alami biasanya lebih bagus untuk tubuh karena tidak memiliki zat kimia yang berbahaya apabila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Jadi sangat dianjurkan untuk kamu mengkonsumsi obat herbal seperti daun pandan.

Baca Juga : Souvenir Tas Blacu, dan Grosir Tas Kanvas.