Mengetahui Penyebab Kesemutan Pada Tubuh

Mengetahui Penyebab Kesemutan Pada Tubuh

Siapa yang tidak pernah mengalami kesemutan? Kesemutan sering dialami oleh banyak orang yang biasanya duduk bersila terlalu lama. Bagian tubuh yang kesemutan biasanya mengalami rasa kebas, dan sedikit nyeri terlebih bagian pada bagian kaki. Penyebab kesemutan biasanya berbeda-beda sesuai dengan kondisi riwayat kesehatan yang dialami masing-masing.

  1. Mengetahui Penyebab Kesemutan yang Terjadi Sementara

Kenapa kesemutan bisa terjadi? Biasanya seseorang yang melakukan aktifitas duduk terlalu lama, atau menekuk bagian tubuh dalam waktu yang lama dapat menyebabkan rasa kebas dengan sensasi sulit digerakkan. Hal tersebut dikarenakan terhambatnya aliran darah menuju kaki atau tangan karena terhalang oleh bagian tubuh lainnya.

Adapun penyebab kesemutan secara sementara karena pengaruh tekanan psikologis pada seseorang ataupun ketika pada ruangan yang bersuhu cukup dingin. Lalu bagaimana mengatasi kesemutan sementara? Jika memang yang anda alami adalah kesemutan sementara maka ubahlah gaya duduk anda. Usahakan untuk merenggangkan kaki membebaskan dari tindihan tubuh guna memperlancar aliran darah, maka rasa kesemutan akan hilang dengan sendirinya. Kesemutan sementara dapat menyerang siapa saja meski tidak mengalami penyakit yang serius. Usahakan untuk tetap menjaga peredaran darah tetap lancar untuk menghindari kesemutan terjadi.

  1. Penyebab Kesemutan Secara Berkala ( Berkepanjangan )

Jika anda  sering mengalami kesemutan secara berkala atau sering bukan karena disebabkan oleh aktifitas yang menjadi penyebab kesemutan, maka ada kemungkinan hal tersebut berpengaruh kepada riwayat penyakit yang ada. Seseorang yang memiliki penyakit diabetes dapat sering mengalami kesemutan jika kadar gula dalam darah sedang tinggi.

Tidak hanya itu, obat-obatan juga sering membuat tubuh mengalami kesemutan lebih sering. Contoh saja obat-obatan seseorang yang habis menjalankan kemotrapi. Efek samping obat tersebut memang memberikan sensasi kesemutan pada penggunanya, termasuk obat-obatan untuk pengidap HIV/AIDS.

Orang yang dapat mengalami kesemutan berkepanjangan, biasanya kekurangan vitamin B12 menyebabkan terkena malnutrisi, dan orang yang sangat menyukai alkohol dapat merasakan kesemutan secara berkala.

Ketahui Penyebab Pasti Kesemutan

Kesemutan tidak bisa dianggap remeh begitu saja jika dialami sangat sering meski tidak melakukan aktifitas yang dapat menghambat peredaran darah. Ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter ahli yang akan mengecek riwayat kesehatan anda guna menemukan penyebab dari kesemutan yang sering anda alami.

Hindari minuman-minuman beralkohol, usahakan untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga pola makan secara teratur dan usahakan mengkonsumsi makanan sehat, dan yang lebih terpenting adalah selalu mengecek kondisi tubuh anda untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan.

Baca juga: Distributor Produk Kesehatan Nasa

Mengetahui penyebab kesemutan merupakan cara penting untuk mengetahui penyakit yang ada pada dalam tubuh. Kesemutan yang terlalu sering tidak menandakan tubuh memiliki masalah kesehatan yang serius yang butuh perhatian khusus. Usahakan untuk melakukan pola hidup yang sehat untuk menghindari keseringan terjadinya kesemutan.