Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Ketika Mengeluarkan Suara Berisik

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Ketika Mengeluarkan Suara Berisik – Buat kamu yang memiliki komputer, pernah tidak mendengar komputer berisik? Ini wajar tidak?? Untuk komputer baru pastinya tidak tetapi bila komputer lama sepertinya hal biasa. Suara yang terdengar ini bisa banyak faktor. Yang pasti terjadi karena ada yang bergerak di dalamnya dari kipas, DVD room.
 
Untuk memperbaiki persoalan ini bisa dikatakan tidaklah sulit. Hanya persoalan teliti dalam mendengarkan masalah yang ada. Semakin kencang suara yang ada maka akan semakin cepat pula menemukan masalahnya.
 
Akan jauh lebih mudah bila anda juga memiliki pengetahuan yang cukup sehingga dalam proses kedepan sebab lebih mudah dan terarah. Menjadikan anda tidak perlu mendatangi tempat service komputer karea bisa di panggil ke lokasi anda.
 
Dan inilah cara menyelesaikannya :
 
A. Lakukan Test Sederhana
Cek suara yang ada ini berasal dari mana. Bila sudah mengetahui maka lihat apakah berisik ini karena letaknya??? Periksa letaknya apakah sudah tepat pemasangannya belum??? Jangan – jangan suara di hasilkan ini karena pemasangan belum pas. Kalau tidak pas maka bisa menghasilkan getaran. Getaran inilah akan menimbulkan suara.
 
Contoh pemasangan HD. Apakah memasangnya ini sudah tepat atau masih bergoyang?? Kalau bergoyang inilah masalah yang jadi sumbernya. Dengan bergoyang akan menimbulkan getaran. Hal lainnya seperti pada DVD Room dan Kipas. Kalau ada yang bergetar yang cek detail mengapa ini terjadi? Perbaiki dahulu apakah perlu di ganjal agar tidak bersuara atau dengan apapun langkahnya.
 
Bila ini sudah di lakukan suara tetap ada maka bisa saja periferalnya yang bermasalah. Kalau ada kipas yang bermasalah segera diganti dengan yang baru. 
 
B. Kipas
Kipas adalah salah satu komponen yang sering sekali masalah. Untuk komputer model baru sekarang ini kipas bisa sampai 3 – 4 pcs. Keberadaan kipas ini ada pada prosesor, vga, sound card, psu. Dan yang jadi masalah ada pada kecepatan perputaranlah yang membuat berisik.
Fungsi kipas sendiri adalah untuk menarik udara baik yang ada di luar komputer untuk masuk dan menarik keluar udara yang ada di dalam.
 
Selain karena kerusakan pada kipas sendiri bisa saja karena kotor, kering kurang minyak sehingga susah ketika berputar. Bila kotor maka bisa dibersihkan dulu lalu di tes kembali apakah masih sama.
 
Tips yang bisa digunakan bila ingin mencari kipas komputer adalah carilah kipas yang memiliki tingkat kebisingan 28db saja, sangat kecil sekali bukan berisiknya. 
 
C. Kipas CPU
Prosesor tipe terbaru memiliki kinerja yang sangat cepat. Menjadikan komputer akan semakin cepat panas. Maka dari itu penting sekali prosesor di berikan kipas tersendiri. Selain itu bisa juga dengan menambahkan software yang dapat menghemat daya untuk komputernya semisal Rain yang punya fungsi supaya putaran dapat di kurangi.
 
*) Kipas Casing
Kipas di casing bisa di hilangkan, tetapi komputer nanti bisa saja jadi panas. Akan semakin panas kalau casing yang ada tak memiliki aliran udara yang baik. Untuk kipas sebenarnya bebas memilihnya tetapi alangkah baiknya memilih yang suaranya lebih soft. 
Coba gunakan kipas yang memilih ukuran besar yang putarannya rendah. Kipas yang besar membua udara yang ada di dalam bisa di buang dengan cepat dan konstan. 
 
*) Kipas Chipset
Ada chipset yang punya CPU sendiri sehingga perlu di pasang kipas. Kebradan CPU akan membuat chipset menghasilkan panas. Mengenai ukuran kipasnya bisa memilih yang 40x40x10m.
 
*) Hardisk
Hardisk juga seringnya memberi andil kebisingan. Terjadi karena pada HDnya sendiri ada sistem mekanik. Terdapat piringan yang berputar di dalamnya yang akan menimbulkan suara juga.
 
Kebisingan yang ada ini bisa di redam dengan alat peredam. Tetapi tidak di anjurkan memakainya sebab akan membuat HD malahan jadi panas. Untuk meminimalisir agar tidak bunyi maka bisa pilih jenis yang bunyinya sunyi. HD jenis ini menggunakan teknologi SMART. Kelebihannya adalah dapat mengontrol kapan waktunya bekerja keras dan kapan untuk lebih santai.
 
Gampangkan untuk mengecek dan menggantinya??? Faktanya meskipun sudah tahu dan ada panduannya, tak sedikit yang tidak berani entah karena takut kalau rusak atau alas kotor. Bila ini yang terjadi maka perlu mencari bantuan saja. Bagi kalian yang ada di daerah jakarta dan sekitarnya dengan memanggil jasa service komputer jakarta. Pastinya dengan jam terbang yang ada ini menjadikan masalah anda cepat terselesaikan.