Inilah Ciri-ciri Kritik Supaya Tahu Perbedaannya

Kritik merupakan salah satu tulisan yang mengangkat sebuah isu atau fenomena tertentu, namun hanya untuk dikritisi dan dinilai bagaimana sebuah masalah tersebut. Untuk dapat membedakannya dengan jenis karangan lain, Anda juga perlu tahu ciri-ciri dari kritik.

Apa Itu Kritik?

Kritik bisa dikatakan sebagai proses analisis atau peenilaian terhadap sesuatu, entah karya, fenomena, kebijakan dan lain sebagainya. Tujuannya adalah, untuk berkontribusi, mengapresiasi, maupun meningkatkan pemahaman untuk menuju perbaikan bersama.

Kritik ini pun memiliki beberapa jenis tergantung dari bidang yang akan dikritisi. Misalnya saja, kritik keilmuan atau akademik, popular atau seni, jurnalistik dan pendidikan. Sehingga, setiap tulisan jenis ini akan memiliki tujuannya sendiri-sendiri.
 

Apa saja Ciri-ciri dari Kritik?

Berbeda dengan contoh esai, dimana ia juga mengangkat sebuah fenomena akan tetapi bukan untuk dikritisi saja. Tetapi, juga menyampaikan opini atau gagasan pribadi penulis dengan solusi yang dibawa, sehingga akan memberikan sesuatu yang lebih kompleks lagi.

Ciri-ciri kritik ini pada umumnya akan memberi jawaban terkait subjek atau karya sastra yang sedang dievaluasi. Biasanya, ia juga akan memberikan sebuah solusi ataupun kritik dengan tujuan membangun.

Selain itu, kritik akan bersifat objektif dengan memikirkan baik buruknya sebuah fenomena maupun karya. Perbedaanya dengan esai adalah, ia harus memberikan penilaian pribadi terhadap sesuatu, namun tidak disertai ide.

Karakteristik Kritik

Selain ciri-ciri tersebut, sebuah kritik juga memiliki karakteristik sendiri sebagai pembeda dengan tulisan lainnya, di antaranya yaitu:

Tulisannya singkat, padat dan jelas dengan tujuan yang dimaksud. Sehingga akan lebih mudah dibaca dan dimengerti di waktu santai sekalipun. Penggunaan kalimat, umumnya efektif dan efisien serta langsung pada intinya.

Kritik juga bisa dikatakan sebagia prosa sehingga pesannya akan memuat sebuah ide, hanya saja lebih singkat. Biasanya, tulisan jenis ini tidak akan selalu utuh, asal tujuan penulis tersampaikan untuk mengevaluasi, maka sudah selesai.

Nah, itulah ulasan terkait ciri-ciri kritik yang harus diketahui supaya dapat membedakan dengan jenis tulisan lain termasuk esai. Ia pun memiliki karakteristik sendiri meskipun tidak sespesifik karya tulis yang lainnya.