Pengertian Plafon Gypsum: Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Plafon adalah bagian dari bangunan yang juga sering disebut dengan langit-langit. Bagian dari bangunan ini berfungsi untuk memisahkan antara atap bangunan dengan bagian bangunan yang ada di bawahnya. Selain untuk memisahkan atap dengan bagian bawah bangunan, plafon juga memiliki peran untuk menambah keindahan interior.

Salah satu jenis plafon yang paling banyak digunakan oleh masyarakat yaitu plafon gypsum. Sebelum memilih, Anda lebih baik mengetahui apa itu plafon gypsum beserta dengan harga plafon gypsum per lembar.

Pengertian Plafon Gypsum

Pengertian Plafon Gypsum

Plafon gypsum merupakan salah satu jenis plafon yang terbuat dari gypsum. Plafon ini biasa digunakan pada berbagai jenis bangunan mulai dari rumah sakit, kantor, rumah, dan bangunan-bangunan lainnya. Alasan banyak orang menyukai plafon gypsum karena memberikan kesan modern dan mewah terhadap bangunan. Gypsum paling banyak dipasang pada rangka holllow galvanis meski ada beberapa yang masih menggunakan plakat kayu.

Fungsi dari plafon gypsum yaitu untuk melindungi isi bangunan dari berbagai jenis cuaca seperti dingin dan juga panas. Adanya plafon ini pada sebuah rumah bisa menjaga suhu di dalamnya lebih stabil. Pemasangannya biasanya menggunakan ketinggian khusus sehingga memberikan hasil timbul yang menarik untuk dilihat.

Beberapa variasi yang tersedia diantaranya yaitu up ceiling, drop ceiling, dan drop oval. Selain berfungsi sebagai pelindung dari udara dingin dan panas, plafon gypsum juga mampu meredam suara dengan baik.

Jadi Anda yang berada di perkotaan tidak akan terlalu mendengar keadaan bising dari kendaraan atau aktivitas orang di luar rumah.

Kelebihan dan kekurangan plafon gypsum

Kelebihan dan kekurangan plafon gypsum

Sebagai salah satu jenis plafon yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat, tentu saja plafon gypsum memiliki beragam kelebihan yang menguntungkan. Kelebihan pertama dari plafon gypsum yaitu mudah dibentuk dalam beragam model seprti cuve, drop ceiling, dome, dan lain-lain.

Selain itu, plafon jenis ini juga memiliki tekstur yang halus sehingga terlihat lebih rapi. Harga plafon gypsum per lembar juga terjangkau dan cukup variatif, perawatannya sangat mudah, serta tidak membutuhkan banyak waktu untuk memasangnya.

Meskipun begitu, plafon gypsum ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui sebagi bahan pertimbangan. Kekurangannya yaitu tidak terlalu kedap terhadap air. Jadi untuk menjaga plafon dari air maka sebaiknya Anda menggunakan atap anti bocor yang tentu saja memiliki harga lebih mahal. Selain itu, plafon jenis ini juga lebih ringkih apabila terkena benturan sehingga harus berhati-hati saat memasangnya agar tidak rusak.

Harga plafon gypsum

Dibandingkan jenis lainnya, harga plafon gypsum terbilang cukup murah sehingga bisa menghemat anggaran pembangunan yang Anda lakukan. Biasanya dijual dalam satuan per lembar dan per meter. Satuan per meter dipakai untuk sistem borongan dimana dilakukan pemasangan sekaligus. Jika Anda hanya tertarik pada plafonnya dan bisa memasang sendiri maka pilih satuan per lembar.

Berikut ini adalah harga plafon gypsum per lembar untuk Anda yang berminat: andaa

Jenis Ukuran Harga/Lembar
Knauf 9 mm (1,2 x 2,4) Rp 60.000
Elephant 9 mm (1,2 x 2,4) Rp 61.000

Untuk mengetahui harga plafon gypsum lebih lengkap silahkan anda cek di tokobangunan.co.id

Demikianlah informasi mengenai harga plafon gypsum per lembar. Selain per lembar, harga plafon gypsum biasanya juga ditawarkan dalam satuan meter. Jika dalam satuan meter berarti Anda membeli plafon sekaligus pemasangannya. Semoga dengan informasi mengenai plafon gypsum yang diberikan di atas, Anda bisa menentukan anggaran dana pembangunan dengan baik.