Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Semua kendaraan bermotor memiliki komponen yang saling melengkapi satu sama lain agar bisa berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Lalu bagaimana jadinya jika salah satu komponen tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya? Tentu saja akan mempengaruhi performa kendaraan bermotor.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik kendaraan bermotor adalah ketika aki kendaraannya tidak bisa mengisi.

Anda harus tahu apa penyebab aki motor tidak mengisi dan mencari solusi memperbaikinya agar tidak menyebabkan kerusakan lebih parah pada kendaraan Anda.

Apa Saja Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi?

Aki merupakan komponen yang berfungsi sebagai sumber kelistrikan pada kendaraan. Nyala lampu meredup, atau kesulitan menggunakan double stater merupakan masalah umum yang terjadi akibat permasalahan yang terjadi pada aki.

Ada pula permasalahan dimana aki motor tidak mau mengisi. Jika hal ini terjadi bisa mengindikasikan jika ada masalah yang terjadi pada sistem charging sepeda motor Anda. Segera cari tahu penyebab aki motor tidak mengisi tersebut untuk kemudian segera diperbaiki.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mungkin terjadi.

1. Kiprok Aki Mengalami Kerusakan

Kiprok ini adalah bagian komponen sepeda motor yang mengatur atau regulator arus yang keluar dan masuk aliran listrik sepeda motor yang dihasilkan oleh aki.

Kiprok Aki Mengalami Kerusakan
Kiprok Aki Rusak

Itu juga berarti bahwa besar atau kecilnya kapasitas aliran listrik yang keluar dan masuk serta normal atau tidaknya aliran tersebut sangat dipengaruhi oleh komponen ini. Saat kesulitan menstarter sepeda motor, artinya aki motor tidak mengisi.

Bukan berarti aki sepeda motor tersebut rusak, bisa saja karena keprok ini yang rusak. Jika komponen ini rusak dan harus mengganti, biayanya pun tidak terlalu mahal.

2. Sepul Mengalami Masalah

Komponen lain yang memiliki peran penting dalam kelistrikan sepeda motor adalah sepul. Sepul ini adalah sumber listrik aki atau kumparan. Untuk mengetahui apakah sepul ini mengalami masalah atau tidak bisa dilakukan dengan mengukur tegangan arus bolak baliknya.

Saat mesin sedang tidak berputar, arusnya harus berada pada angka 25-30 Volt. Sedangkan saat berputar harus mencapai angka 100 Volt. Apabila tidak mencapai 100V maka memang terjadi masalah pada sepulnya.

3. Aki Sudah Usang atau Masa Produktifnya Habis

Ini adalah penyebab utama mengapa aki tidak mau mengisi dan turut menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan sepeda motor. Aki yang sudah tua atau masa produktifnya habis tidak akan bisa mengisi lagi.

Jika masalah yang terjadi disebabkan karena aki sudah tua dan tidak produktif lagi, maka satu-satunya solusi adalah mengganti dengan aki yang baru.

Itu tadi adalah beberapa penyebab aki tidak mengisi yang harus Anda ketahui untuk bisa mencari solusi memperbaikinya.

Perawatan sepeda motor dan komponennya secara rutin harus dilakukan oleh pemilik sepeda motor untuk menjaga performa mesinnya.

Selain itu perawatan rutin ini juga akan membuat kendaraan bertahan lama.

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi