5 Tips Berwisata Murah (Budget) Ke Luar Negeri

Belakangan ini banyak sekali orang yang mengunggah gambar atau video perjalanan ke luar negeri di media sosial.

Semakin maraknya perjalanan wisata ke luar negeri membuat banyak orang ingin mencoba untuk berlibur ke luar negeri. Paket perjalanan wisata ke luar negeri yang murah pun banyak ditawarkan oleh pihak agen travel yang memberi harga yang sangat menggiurkan.

Namun sebelum mencoba paket wisata atau memberanikan diri dengan mengambil cara backpacker untuk pergi ke luar negeri, sebaiknya kita jangan terlalu terburu-buru, dan mempelajari lebih lanjut secara mendalam.

Berikut adalah tips berwisata ke luar negeri dengan harga terjangkau.

1. Tentukan Negara Yang Ingin Kamu Kunjungi

Memang banyak sekali negara-negara yang bagus untuk kita kunjungi, namun jangan hanya karena melihat unggahan seseorang di media sosial sehingga kita ingin juga pergi ke situ.

Sebaiknya kamu menentukan dulu negara mana yang ingin kamu kunjungi. Setelah kamu menentukan dengan mantap negara tersebut, pelajari sedikit tentang negara tersebut.

Lebih baik lagi jika kita sedikit menguasai bahasa negara tersebut. Jika kamu tidak bisa berbicara dengan bahasa setempat lebih baik kamu menyewa tour guide atau pun membeli buku panduan kecil untuk berbicara secara umum di daerah tersebut.

2. Buatlah Rincian Tempat-tempat Yang Ingin Kamu Tuju

Jika berlibur ke suatu negara favorit, pasti ingin sekali mengunjungi semua tempat-tempat atau kota-kota yang ada di negara tersebut. Namun, pastilah memakan banyak biaya dan waktu.

Pastikan dulu beberapa kota beserta tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Jika kamu sudah sedikit mempunyai informasi tentang negara tersebut itu akan lebih memudahkan.

Lebih baik kunjungi tempat-tempat yang cukup terkenal di negara tersebut, untuk tidak membuang-buang biaya, tenaga, dan waktu.

Jika kamu berlibur bersama teman-teman, pastikan untuk merencanakannya bersama agar perjalananmu nyaman dan terencana.

Hindari pemikiran "yang penting nyampe dulu, di sana mah gampang". Jika kamu tidak merencanakannya sebelumnya, kamu dapat tersesat dan menghabiskan banyak biaya dan waktu.

3. Makan Secukupnya

Poin yang satu ini sangatlah penting bagi para travelers yang berlibur ke luar negeri.

Biasanya, setelah kita sampai di tempat tujuan kita ingin mencoba segala macam makanan yang ada di negara itu, alhasil makanan akan banyak terbuang, dan uang terkuras. Harga makanan di luar negeri tidak semurah di Indonesia, jadi berhati-hatilah.

Untuk soal makan memang susah untuk dikompromikan, lakukan strategi yang tepat dengan mempelajari dulu makanan dan tempat makan yang cocok buat kamu. Kamu dapat menonton banyak vlogger di youtube yang sedang membahas perjalanan di luar negeri.

Buatlah rincian makanan khas daerah setempat yang memang sangat populer dan cocok untuk kamu. Mencicipi makanan khas lokal memang salah satu tujuan terpenting dalam wisata ke luar negeri, namun tidak semua makanan luar negeri cocok dengan lidah kita.

Apalagi tidak semua makanan daerah setempat halal, lebih baik kita mencari tahu dulu tempat dan bahan makanannya yang halal dan cocok untuk kamu.

4. Belanja Secukupnya

Poin yang berikut ini juga tidak kalah pentingnya dengan poin yang di atas.

Belanja oleh-oleh di luar negeri kadang terdengar simpel, namun jangan kaget jika melihat harga barang yang cukup mahal.

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh untuk teman atau keluarga, lebih baik kamu mengetahui tempat-tempat yang menjual barang dengan harga murah. Jangan mudah tergiur dengan barang yang bagus, karena dapat sangat menguras dompet kamu.

Membawa barang bawaan berlebih saat ingin pulang akan sangat merepotkan kamu, dengan bertambah beratnya baawaan kamu, kamu akan kesulitan untuk membawanya dan meletakkan barang bawaan kamu.

5. Nikmat Perjalanan Wisata Kamu

Jangan lupa untuk bersenang-senang, karena tujuan wisata kamu adalah berlibur.

Jangan memikirkan hal-hal yang sulit sehingga dapat membuat perjalanan kamu terganggu. Banyak orang yang mengeluh saat setelah pulang berwisata karena belum puas berlibur.

Maka dari itu, buatlah suasana yang nyaman dengan mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat, buatlah rincian sedetil mungkin dan pastikan tidak ada yang terlewat, maka kamu akan bisa menikmati wisata luar negeri kamu dengan bahagia.