10 Wisata Kuliner Malang yang Terkenal Lezat (2022)

Selama ini, Malang dikenal sebagai salah satu kota dengan destinasi wisata yang luar biasa cantik. Mulai dari wisata alam, museum, bahkan taman bermain. Tak hanya itu, ternyata ada banyak sekali kuliner yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi Kota Bunga ini.

Cocok banget untuk kamu yang ingin menghabiskan liburan singkat, karena Malang tak terlalu luas untuk dijelajahi. Jika masih bingung memilih wisata kuliner di malang, simak 10 rekomendasi wisata kuliner di Malang yang terkenal lezat. Kepoin lebih lanjut, yuk!

1. Bakso President Malang

Bakso President Malang (foto: instagram.com/baksopresidentofficial/)
Keunikan makananTersedia berbagai jenis bakso yang sangat lengkap
Cita rasa makananKuah bakso yang nikmat, bakso terbuat dari daging pilihan
Tempat beli makananKedai Bakso Presiden (Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Malang)
Harga makananRp12.000 –Rp31.000

Kuliner khas Malang yang pertama adalah bakso. Kamu bisa menemukan bakso hampir di setiap sudut kota. Salah satu kedai bakso legendaris paling favorit adalah Bakso President –yang telah berdiri sejak tahun 1977. Berlokasi di Jalan Batanghari No 5, kedai bakso ini berdampingan dengan rel kereta api. Kamu akan mendapat pengalaman unik, makan bakso dengan suasana yang unik.

Di Bakso President, ada banyak jenis bakso yang bisa kamu makan, mulai dari bakso kecil, bakso besar, bakso urat, bakso daging, bakso telur, bakso goreng, bakso tulang muda, sampai bakso bakar pun ada. Jika ingin membawa oleh-oleh, kamu bisa membeli keripik bakso. Oh ya, paling enak menikmati Bakso President ketika udara Malang sedang dingin. Tambah nikmat banget, pastinya.

2. Bakso Bakar Pahlawan Trip (BABATRIP)

Bakso Bakar Pahlawan Trip (BABATRIP) (foto: instagram.com/holiday.crazyeats/)
Keunikan makananBakso dimakan dengan kuah kaldu dan campuran bawang goreng
Cita rasa makananGurih, pedas dan manis
Tempat beli makananBakso Bakar Pahlawan Trip (l. Pahlawan Trip, Malang, Jawa Timur)
Harga makananRp15.000

Kalau kebanyakan bakso bakar hanya menyediakan rasa manis, Bakso Bakar Pahlawan Trip ini menyediakan bakso pedas. Pilihan bakso yang tersedia juga beragam, mulai dari bakso halus, bakso kasar, hingga campuran dari keduanya. Cara santap bakso dicampur dengan kuah kaldu panas dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Harga bakso ini relatif murah, yakni 15.000 per 5 biji bakso bakar. Makan bakso akan tambah nyaman dan leluasa karena tempatnya yang semi outdoor, dengan meja-meja panjang. Paling cocok kalau makan Bakso Bakar Pahlawan Trip bersama keluarga atau teman.

3. Soto Ayam Lombok Sejak 1955

Soto Ayam Lombok Sejak 1955 (foto: instagram.com/ideliasatryadi/)
Keunikan makananDiracik dengan berbagai macam rempah, ayam yang digunakan adalah ayam kampung
Cita rasa makananKaya rempah, tidak terlalu asin, dan gurih koya yang terasa
Tempat beli makananSoto Ayam Lombok (Jalan Lombok No. 1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang)
Harga makananRp25.000

Siapa yang senang kuliner berkuah? Di Malang ada warung soto ayam yang sudah eksis sejak tahun 1955, namanya Soto Ayam Lombok. Berlokasi strategis di Jalan Lombok No. 1, Kasin, Malang, kamu akan disajikan suasana warung jadul, ada pikulan dan panci besar di mana soto ini diracik.

Berbeda dari soto ayam pada umumnya, kuah soto berwarna kuning, dengan cita rasa rempah yang khas, tidak begitu asin. Di dalam soto ada suwiran ayam, taoge, seledri dan kol. Taburan koya menambah sempurna rasa soto ini.

Untuk ayam, Soto Ayam Lombok ini menggunakan ayam kampung. Satu mangkuk soto dijual dengan harga Rp25.000. Terbilang mahal memang, namun worth it untuk dicoba mengingat cita rasa soto yang memang nikmat.

4. Rawon Nguling Malang

Rawon Nguling Malang (foto: instagram.com/amelia_home_kitchen/)
Keunikan makananDaging yang empuk dan tidak berbau amis, potongan daging besar dicampur dengan kuah yang tidak terlalu pekat
Cita rasa makananKaya akan rempah, asin, manis dan pedas berpadu jadi satu
Tempat beli makananRawon Nguling (Jalan Zainul Arifin No.62, Malang)
Harga makananRp22.000 –Rp55.000

Kuliner legendaris lain adalah Rawon Nguling Malang, yang sudah berdiri dari tahun 1942. Tak jauh dari alun-alun Malang, Rawon Nguling ini menjadi destinasi wajib para wisatawan yang berkunjung ke Malang. Rawon ini masuk dalam list rawon terenak di Malang karena cita rasanya yang khas.

Kuah rawon tidak terlalu pekat dan rasanya segar. Potongan daging sapinya juga besar dan empuk, tak usah khawatir akan sakit gigi saat digigit. Aroma bumbu wangi membuat makan bertambah nikmat, tak meninggalkan bau amis. Setiap porsinya dimakan secara terpisah dengan taoge dan sambal merah. Membayangkannya saja sudah nikmat.

5. Rawon Rampal Malang sejak 1957

Rawon Rampal Malang sejak 1957 (foto: instagram.com/amazingmalang/)
Keunikan makananDaging empuk, kuah rawon dimasak menggunakan arang
Cita rasa makananKaya rempah, gurih dan kuah terasa segar
Tempat beli makananRawon Rampal (Jalan Panglima Sudirman No.71A, Kesatrian, Malang)
Harga makananRp41.000

Selain Rawon Nguling, ada juga Rawon Rampal yang tak kalah nikmat untuk dicoba. Berdiri sejak tahun 1975, kuliner satu ini sudah menjadi primadona masyarakat Jawa Timur. Kuahnya yang hitam karena kluwek dicampur cita rasa rempah membuat makan bertambah nikmat. Daging sapi Rawon Rampal ini sudah empuk dan mudah dikunyah. Lokasi Rawon Rampal sangat dekat dengan Lapangan Rampal dan Stasiun Kota Malang, sehingga selalu ramai pengunjung.

Keunikan lain adalah kuah rawon yang dimasak menggunakan arang, sehingga rasanya masih authentic. Satu porsi rawon ini seharga Rp41.000 (sudah termasuk nasi). Pengunjung juga bisa meminta tambahan lauk seperti paru, babat, empal dan otak.

Fun Fact-nya, Rawon Rampal ini pernah didatangi oleh tokoh besar Indonesia, seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo. Makanya, kuliner yang satu ini sangat terkenal di Malang.

Rawon ini paling enak dinikmati setelah kamu seharian berwisata ke berbagai pantai terbaik di Malang. Biasanya, wisatawan yang baru pulang berwisata dari Pantai Balekambang dan sekitarnya, melipir ke kota Malang untuk mencari kuliner Rawon Rampal Malang ini. Biarpun harus menempuh perjalanan 1 jam 54 mnt (56,3 km) dari Pantai Balekambang ke Rawon Rampal malang, tapi pencinta kuliner tetap semangat untuk ke sana.

Kok bisa? Karena, melepas lelah sambil menyantap hidangan kuliner rawon yang lezat, bisa membuat liburanmu di malang semakin berkesan.

6. Rumah Makan Pecel Kawi Hj Musilah Asli 1975

Rumah Makan Pecel Kawi Hj Musilah Asli 1975 (foto: instagram.com/mgcouple_/)
Keunikan makananBumbu kacang pecel yang lebih kental dari pecel kebanyakan
Cita rasa makananGurih dan lezat, apalagi dipadukan dengan berbagai macam lauk pauk
Tempat beli makananRumah Makan Pecel Kawi Hj Musilah Asli 1975 (Jalan Kawi Kios No.43B Kauman, Malang)
Harga makananRp15.000

Untuk kamu yang berlibur sambil menginap, Pecel Kawi ini bisa menjadi pilihan sarapan lezat. Lokasinya ada di Jalan Kawi Atas No 43B, yaitu Rumah Makan Pecel Kawi Hj Musilah, yang sudah ada sejak tahun 1975. Pecel Kawi ini terkenal karena bumbu kacangnya yang kental dan gurih.

Satu porsi pecel ini bisa dimakan dengan berbagai macam lauk pauk. Mulai dari tempe, tahu, dadar jagung, telur goreng dan juga sayur-sayuran. Jangan sampai ketinggalan, rempeyek yang bikin makan tambah semangat dan nikmat.

Selain pecelnya yang lezat, tempat makannya juga nyaman dan bersih. Bahkan, desain warung lebih mirip seperti cafe kekinian. Di lantai dua warung ini ruangannya menggunakan AC, sangat Instagramable bila ingin berselfie. Jika ingin makan di pecel legendaris ini, kamu harus datang pagi-pagi, sekitar jam 07.00 agar tidak kehabisan.

7. Pos Ketan Legenda – 1967

Pos Ketan Legenda – 1967 (foto: instagram.com/makanmakan_cuy/)
Keunikan makananSajian tradisional ketan dengan berbagai varian rasa
Cita rasa makananGurih dan manis, dengan berbagai toping
Tempat beli makananPos Ketan Legenda (Jalan Soekarno – Hatta, Lowokwaru, Malang)
Harga makananRp8.000 –Rp17.000

Jika kamu berwisata ke Kota Batu, jangan lupa mampir di Pos Ketan Legenda 1967. Tak hanya di Kota Batu saja, Pos Ketan ini juga membuka cabang di Malang Kota, tepatnya di daerah Suhat. Seperti namanya, Pos Ketan menyajikan berbagai jajanan tradisional yang terbuat dari ketan, dengan berbagai toping pilihan.

Ada berbagai varian ketan yang bisa kamu nikmati, seperti Ketan Kelapa Bubuk, Ketan Susu Keju, Ketan Susu Nangka, Ketan Susu Duren, Ketan Green Tea, Ketan Mangga, Ketan Kacang Meses, dan berbagai menu lainnya. Harga satu porsi pun sangat terjangkau, mulai dari Rp8.000 hingga Rp17.000 saja. Ketan Legenda ini buka setiap hari, dari jam 15.00 –00.00 WIB.

8. Rumah Makan Hok Lay

Rumah Makan Hok Lay (foto: instagram.com/depot.hoklay.mlg/)
Keunikan makananMenu makanan tradisional yang dikemas ala kekinian 
Cita rasa makananMakanan nikmat, dengan berbagai varian menu 
Tempat beli makananDepot Hok Lay (Jalan KH Ahmad Dahlan No.10, Klojen, Malang)
Harga makananRp10.000 –Rp25.000

Namanya unik bukan, seperti depot makanan Tionghoa? Depot ini sudah ada sejak tahun 1946 silam. Saat masuk ke dalam Depot Hok Lay ini, pengunjung seolah akan dibawa ke tahun 1940-an, karena suasana dan perabotannya yang didesain sentuhan klasik.

Ada berbagai menu makanan yang bisa dicoba, mulai dari susu, berbagai jenis es, hingga cwie mie dan lumpia. Namun, ada satu menu wajib yang tidak boleh dilewatkan yaitu es fasco (susu sapi murni yang dicampur cokelat). Rasanya mirip seperti salted ice caramel chocolate, tapi tidak bikin enek.

Selain es fasco, hidang lain yang tidak boleh ketinggalan adalah Nasi Bakmoy. Nasi Bakmoy berupa nasi yang digenangi kuah kaldu ayam, lalu ditaburi potongan daging ayam dan taburan daun bawang goreng. Tampilannya mungkin memang tidak aesthetic, tapi rasanya juara banget. Harga makanan di Depot Hok Lay ini sangat terjangkau kantong, mulai dari Rp10.000 –Rp25.000 saja.

9. Depot Gang Djangkrik

Depot Gang Djangkrik (foto: instagram.com/foo.ga/)
Keunikan makananBerbagai makanan pangsit mie, makanan non-halal 
Cita rasa makananRasa gurih, pangsit mie oriental yang tidak akan mengecewakan
Tempat beli makananDepot Gang Djangkrik (Jalan Letjen Sutoyo No.136, Malang)
Harga makananRp20.000 –Rp53.000

Dari sekian banyak kuliner di Malang, ada satu tempat yang terkenal dengan pangsit mie orientalnya, yaitu Depot Gang Djangkrik. Depot ini sudah ada sejak tahun 1970-an di sebuah gang kecil bernama Gang Djangkrik. Kuliner ini buka dari jam 08.00 hingga 21.00 WIB.

Depot Gang Djangkrik ini menjual berbagai macam menu makanan non-halal, jadi harap diperhatikan jika Anda ingin kuliner di warung satu ini. Makanan khasnya adalah pangsit mie. Ada berbagai toping yang bisa dipilih, mulai dari babi panggang, babi merah, iga babi, sampai ayam jamur. Selain pangsit, ada juga aneka bubur, capcay, aneka nasi goreng, dan bola-bola udang.

Untuk cita rasa makanan tak perlu diragukan lagi, enak dan bikin goyang lidah. Pelayannya juga cepat, sehingga tak perlu antre lama untuk bisa menikmati berbagai kuliner yang ditawarkan. Harga makan di Depot Gang Djangkrik dimulai dari Rp20.000 hingga Rp53.000.

10. Ronde Titoni

Ronde Titoni (foto: instagram.com/katalogmalang/)
Keunikan makananMakanan Ronde dan Angsle yang bisa menghangatkan badan 
Cita rasa makananManis, gurih dan hangat kuah jahe yang bercampur jadi satu
Tempat beli makananRonde Titoni (Jalan Zainul Arifin No.17, Malang)
Harga makananRp10.000 per mangkuk

Untuk kamu yang ingin menjelajahi keindahan Kota Malang di malam hari sambil kuliner, wajib banget mampir ke tempat makan satu ini. Namanya Ronde Titoni, berlokasi di Jalan Zainul Arifin (depan toko jam Titoni). Setiap hari, Ronde Titoni akan buka dari jam 17.00 sampai 23.30 WIB. Ronde Titoni ini sangat melegenda karena sudah ada sejak tahun 1948.

Ada beberapa menu yang bisa dipesan, yaitu Ronde, Angsle, Kacang Kuah, Cakwe, dan Roti Goreng. Dua menu yang sudah dikenal (bahkan hingga mancanegara) adalah Ronde dan Angsle-nya. Ronde ini terbuat dari kacang tanah sangrai, potongan kelapa muda, jenang mutiara, mochi isi kacang. Isian ronde disiram dengan air jahe panas tanpa santan. Sedangkan Angsle berisi potongan roti tawar, kacang tanah sangrai, kacang hijau rebus, serta petulo (kembang mayang), yang disiram dengan kuah santan.

Itulah 10 kuliner yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Malang. Kuliner tersebut merupakan kuliner legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Kuliner ini masuk dalam list makanan yang harus dicoba karena sudah teruji kelezatannya dari masa ke masa.

Categories Wisata