Pantai Prigi: Wisata Unggulan Trenggalek yang Memesona

Menikmati keindahan pantai memang selalu menyenangkan. Berbagai aktivitas seperti berenang, bermain pasir, dan menikmati indahnya sunset bisa dilakukan di pantai. Salah satu pantai paket komplit untuk bermain dan berwisata adalah Pantai Prigi, Trenggalek. Terletak di tepi Samudera Indonesia, Pantai Prigi ini punya potensi besar untuk menjadi salah satu objek wisata bahari unggulan Jawa Timur. Pantai ini sendiri dijuluki sebagai Pantai Millenial.

Tak heran kalau sejak lama pantai ini menjadi destinasi wisatawan lokal dan asing berkat keindahan bentang alamnya. Pantai Prigi ini juga berdampingan dengan beberapa pantai lain, seperti Pantai Damas dan Pantai Karanggongso. Penasaran dengan keelokan Pantai Prigi? Yuk, kepoin dalam ulasan berikut ini!

Sekilas tentang Pantai Prigi

Keindahan Pantai Prigi, Trenggalek (foto: Nuny Futihatis)
Nama PantaiPantai Prigi
LokasiJl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 –18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.000 hari Senin-Jumat Rp10.000 di akhir pekan
Rating pantai4.3/5 dari 4.299 ulasan Google

Pantai Prigi merupakan salah satu pantai terindah di Trenggalek yang lagi hits. Pantai Prigi terletak di Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Pantai ini membentang di atas luas tanah 12 hektar. Pantai indah ini booming di kalangan anak muda karena keelokannya yang memanjakan mata. Dengan sajian pasir putih, air lautnya yang jernih kebiruan menjadikan Pantai Prigi recommended untuk dikunjungi.

Saat akhir pekan, kamu bisa menjadikan Pantai Prigi sebagai tempat untuk refresh diri setelah seminggu penat dengan segala pekerjaan dan bisingnya perkotaan. Tak hanya alamnya saja yang eksotis, kamu bisa menyaksikan ombak yang bergulung-gulung dengan lembut, semilir angin yang begitu segar, serta langit biru yang indah. Sangat pas untuk healing, bukan?

Selain dijadikan sebagai objek wisata, Pantai terindah di Trenggalek ini juga dijadikan pelabuhan nasional, kawasan tersebut dijadikan tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan Pulau Jawa. Pantai Prigi akan ramai dikunjungi saat Bulan Selo (kalender Jawa). Pada bulan tersebut, para nelayan di kawasan pantai akan mengadakan upacara adat Larung Sembonyo, sebagai ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil laut yang melimpah setiap tahun.

Untuk kamu yang ingin menghabiskan liburan keluarga, kamu bisa memilih Pantai Prigi sebagai destinasinya. Tak hanya karena murah tapi karena kelengkapan fasilitas, banyaknya spot yang bisa dieksplor, serta keindahan alamnya. Di saat weekday, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp7.000, dan Rp10.000 jika ingin berkunjung di akhir pekan.

Rute Menuju Pantai Prigi

Pantai Prigi bisa diakses dari berbagai daerah di Jawa Timur. Akses menuju pantai terbilang mudah. Ada banyak papan penunjuk jalan, sehingga kamu tak akan tersesat dan bingung harus memilih jalan yang mana. Perjalanan akan sangat menyenangkan dan lancar karena jalan yang sudah diaspal. Berikut rute yang bisa kamu tempuh dari kota terdekat:

Catatan: Rute menuju Pantai Prigi memang sudah mulus, namun harus tetap hati-hati karena jalan berkelok-kelok. Usahakan untuk selalu menyalakan klakson, untuk menghindari bertabrakan dengan kendaraan lain. Pastikan kamu dalam keadaan fit dan bugar saat berkendara. Bila merasa mengantuk, kamu bisa beristirahat atau menepi sebentar.

Daya Tarik Pantai Prigi

Pantai Prigi berhasil menarik hati para wisatawan yang datang karena keindahan alamnya. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan jika kamu berwisata ke pantai ini:

1. Eksotisme Alam Pantai Prigi

Bentang alam yang memesona menjadi daya tarik yang utama. Saat berkunjung ke Pantai Prigi, kamu akan disuguhkan bibir pantai yang luas. Luasnya bibir pantai ini membuat pengunjung puas bermain dan melakukan berbagai aktivitas tanpa mengganggu pengunjung yang lain.

Pasir pantai ini berwarna hitam kecokelatan, namun lembut dan tidak mengurangi keindahan pantai. Ombak-ombaknya yang menggulung kecil akan menghantam teluk dan kembali ke laut lepas. Pengunjung bisa bermain air, mengumpulkan kerang-kerang, bahkan menikmati view bukit yang terhampar di depan mata.

2. Taman di Pantai Prigi

Hal menarik lain yang mungkin tak bisa kamu temukan di banyak pantai adalah adanya taman. Di Pantai Prigi terdapat taman yang tertata rapi dan bersih. Taman ini menjadi destinasi bagi pengunjung yang enggan bermain air, namun ingin menikmati suasana sejuk yang menjadi khas pantai.

Di taman ini, kamu bisa berswafoto, atau hanya duduk santai sambil menikmati angin semilir atau pemandangan pantai yang memesona. Di sekitar taman juga terdapat jogging track untuk kamu yang ingin berolahraga ringan.

3. Off Road Motor Trail

Untuk pencinta olahraga ekstrem, kamu wajib banget mencoba aktivitas satu ini, off road motor trail di pantai. Off road motor trail ini bisa dilakukan di area sekitar pantai. Aktivitas ini memang sengaja dihadirkan untuk menambah daya tarik Pantai Prigi.

Adanya off road motor trail ini menjadikan Pantai Prigi sebagai objek anti-mainstream yang menyasar pengunjung dari segala sektor usia. Pastikan liburan kamu menyenangkan dan seru ya!

4. Mengunjungi Pelabuhan Nelayan

Kurang lengkap kalau ke Pantai Prigi tanpa mengunjungi pelabuhan perikanan yang ada di sana. Kamu bisa menyaksikan puluhan perahu nelayan yang singgah di pelabuhan ini. Ada pula tempat pelelangan ikan, serta menyaksikan berbagai kegiatan perikanan yang dilakukan oleh nelayan.

Uniknya, meskipun nelayan menangkap ikan, mereka tidak merusak ekosistem lautnya, karena menggunakan alat yang aman untuk laut dan juga untuk ikan. Untuk kamu yang ingin membawa oleh-oleh, kamu bisa membeli ikan asap khas Pantai Prigi. Ada berbagai jenis ikan yang dijual, mulai dari tuna, tenggiri, kerapu, dan lain-lain.

5. Wisata Kuliner

Setelah seharian bermain di pantai, memanjakan lidah dengan berbagai macam kuliner adalah hal yang paling diimpikan oleh setiap wisatawan. Pantai Prigi merupakan salah satu pantai yang menjual berbagai macam jenis kuliner.

Di kawasan pantai ini ada banyak sekali warung makan dengan berbagai olahan makanan laut. Kamu bisa memakan ikan asap yang sudah diolah. Warung-warung tersebut tertata rapi di pinggiran pantai, sehingga makan lebih nikmat sambil memandang alam yang eksotis.

6. Berenang dan Snorkeling di Pantai

Pantai Prigi memiliki ombak kecil dan aman, sehingga pengunjung bisa berenang dengan nyaman. Air pantai yang tenang dan alam bawah lautnya yang indah membuat pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat snorkeling.

Kamu bisa melihat berbagai macam jenis ikan yang berwarna-warni dan terumbu karang yang masih terjaga. Untuk aktivitas snorkeling, pastikan kamu memang sudah biasa melakukannya. Meski airnya tenang, jika tidak menguasai medan air, hal tersebut tetap bisa membahayakan.

Fasilitas Wisata Pantai Prigi

Sebagai salah satu objek wisata milenial dan juga family-friendly, Pantai Prigi punya fasilitas memadai dan cukup lengkap. Berikut fasilitas yang ada di pantai ini:

  • Area parkir yang luas
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Musala
  • Warung makan
  • Tempat persewaan banana boat
  • Tempat persewaan pelampung renang
  • Penginapan (di sekitar pantai)
  • Tempat pembelian oleh-oleh ikan asap

Spot Foto Cantik di Pantai Prigi

Kalau ke Pantai Prigi, ada banyak sekali spot foto menarik untuk mengabadikan momen liburan kamu. Berikut beberapa tempat foto menarik yang menjadi tempat andalan pengunjung saat berwisata ke pantai ini:

Bibir Pantai Cantik di Pantai Trenggalek (foto: Kukuh Pambuko Putro)
Keindahan air laut yang jernih di Pantai Prigi (foto: instagram.com/trenggalekeksis/)
Spot foto cantik di taman Pantai Prigi, Trenggalek (foto: instagram.com/pantaiprigi.id/)
Spot foto cantik di Pantai Prigi (foto: instagram.com/pantaiprigi.id/)
Spot foto cantik di jembatan kayu Pantai Prigi, Trenggalek (foto: instagram.com/pantaiprigi.id/)

Prakiraan Biaya Pengeluaran Saat Berwisata di Pantai Prigi

Biaya menjadi hal penting lain yang harus diperhatikan. Sebelum mengunjungi suatu tempat, ada baiknya lakukan survey terlebih dahulu agar liburan semakin nyaman. Nah, kalau mau berwisata ke Pantai Prigi, begini prakiraan biaya yang harus kamu keluarkan:

Harga tiket masukRp.25.000/mobil Rp.15.000/motor
Biaya parkirRp2.000/ motor Rp5.000/ mobil
Biaya makanRp50.000
Biaya minumRp20.000
Biaya sewa banana boatRp 25.000- Rp35.000
Biaya sewa ban kecilRp10.000 –Rp15.000
Persewaan tikarRp10.000
Biaya tiolet/ kamar mandiRp3.000

Dari perkiraan data biaya di atas, rata-rata wisatawan di Pantai Prigi menghabiskan biaya sekitar Rp145.000 –Rp160.000 per orang.

5 Kelebihan Pantai Prigi

Berikut alasan mengapa kamu bisa menghabiskan akhir pekan atau liburan di Pantai Prigi:

  1. Akses jalan menuju pantai yang sudah bagus dan beraspal
  2. Pantai dengan pemandangan yang indah, dikelilingi pemandangan, bisa berenang dan snorkeling dan punya sunset yang menawan
  3. Tersedianya tempat persewaan berbagai perlengkapan, mulai dari tikar, pelampung, hingga alat snorkeling
  4. Terdapat taman untuk beristirahat untuk keluarga dan tempat bermain anak
  5. Bisa membeli oleh-oleh berupa sajian laut dan berbagai jenis ikan asap

5 Kekurangan Pantai Prigi

Meskipun sudah mendapat julukan sebagai “Pantai Milenial”, namun berikut beberapa hal yang masih harus terus diperbaiki di pantai ini:

  1. Jalan menuju pantai yang agak berkelok, sehingga harus sangat berhati-hati saat berkendara
  2. Bagian pantai di arah Timur yang masih banyak sampah berserakan, akan lebih bagus jika disediakan tempat sampah yang besar
  3. Area parkiran yang luas namun belum tertata dengan rapi
  4. Beberapa toilet dan kamar mandi sudah rusak dan belum diperbaiki, padahal bangunan masih dalam keadaan baru
  5. Pantai akan sangat panas menjelang siang, jika ingin berenang dan menikmati pemandangan laut usahakan datang di pagi hari, atau bermalam di pantai

Kesimpulan

Pantai Prigi menjadi destinasi yang bisa dikunjungi di musim liburan atau weekend. Pantai ini menyajikan keindahan bentang alam yang memanjakan mata dan menyenangkan hati. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Parigi, mulai dari bermain hingga berolahraga ringan di tamannya. Jika kamu berencana menginap, ada banyak sekali penginapan yang tersedia di sekitar pantai. Pastikan kamu sudah cukup budget ya!

Categories Wisata