7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Pangandaran (2022)

Keindahan alam Pangandaran tak hanya menarik hati wisatawan lokal saja, tetapi juga mereka yang datang dari luar negeri. Terletak di Provinsi Jawa Barat, Pangandaran mendapat julukan “Hawaii Van Jabar” berkat pantainya yang membentang indah dari ujung ke ujung.

Ternyata, bukan hanya pantainya saja yang cantik, berbagai destinasi wisata alam di Pangandaran juga memesona. Nah, kalau berkunjung ke Pangandaran, ada banyak sekali destinasi yang bisa kamu eksplor, mulai dari pantai sampai dengan cagar alam. Penasaran dengan berbagai tempat wisata di Pangandaran? Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Pangandaran:

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran (foto: instagram.com/pantai_pangandaran/)
LokasiPangandaran, Kec. Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga Tiket MasukRp10.000 –Rp15.000
Rating objek wisata4.7/5 dari 3.157 ulasan Google

Wisata pertama adalah Pantai Pangandaran. Pantai ini berlokasi di terletak di Desa Pananjung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Daya tarik utama pantai ini adalah jarak pasang dan surut yang lama, airnya jernih, serta pantainya landai.

Jika berkunjung ke Pantai Pangandaran kamu bisa berenang lebih lama. Tak hanya itu saja, pasir pantai berwarna putih dan lembut, terdapat karang dan berbagai ikan hias yang akan memanjakan mata pengunjung.

Jika dilihat dari bentuk pantai, Pantai Pangandaran ini lebih menjorok ke laut, sehingga kamu bisa dengan leluasa melihat keindahan pantai sisi barat dan juga timur. Pantai Pangandaran adalah surga bagi mereka yang ingin berburu sunrise dan sunset.

2. Wisata Green Canyon Pangandaran

Wisata Green Canyon Pangandaran (foto: instagram.com/greencanyonpangandaran/)
LokasiJalan Raya Cijulang Dusun. Karangpaci, RT.02/RW.10, Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 07.00—16.00
Harga Tiket MasukSesuai paket wisata:  
Paket Renang di Batu Payung: Rp300.000 per perahu  
Paket Renang di Pemandian Putri: Rp400.000 per perahu  
Paket tanpa renang (durasi 45 menit): Rp200.000 per perahu
Rating objek wisata4.6/5 dari 6.537 ulasan Google

Jika mau menikmati suasana alam ala Green Canyon, tak perlu jauh-jauh ke Amerika, karena Indonesia juga punya. Letaknya ada di Desa Kertayasa, Pangandaran. Panorama alam Green Canyon ini memang memikat hati. Tebing yang menjulang tinggi, batu-batu stalaktit dan stalagmit, dan lebatnya pepohonan membuat Green Canyon teduh dan menyegarkan.

Air di Green Canyon ini berwarna hijau toska, beberapa titik juga ada yang berwarna pekat. Di wisata ini juga ada sebuah fenomena alam unik yang disebut dengan Hujan Abadi.

Jika berkunjung ke Green Canyon, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, di antaranya susur sungai, berenang, river tubing -yang semuanya sudah dipandu oleh pemandu wisata yang profesional. Tiket masuk ke Green Canyon ini beragam, kamu bisa memilih beberapa paket wisata yang tersedia:

  • Paket Renang di Batu Payung: Rp300.000 per perahu
  • Paket Renang di Pemandian Putri: Rp400.000 per perahu
  • Paket tanpa renang (durasi 45 menit): Rp200.000 per perahu

3. Pantai Madasari

Pantai Madasari (foto: instagram.com/madasaribeach_/)
LokasiJl. Pantai Wisata, Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga Tiket MasukRp2.500 khusus pejalan kaki
Rp7.000 (kendaraan motor)
Rp25.000 (kendaraan mobil kecil)
Rp110.000 (kendaraan bus kecil)
Rp160.000 (bus besar/pariwisata)
Rating objek wisata4.6/5 dari 3.689 ulasan Google

Salah satu kekayaan alam Pangandaran adalah pantai-pantainya yang punya daya tarik tersendiri. Pantai Madasari salah satu contohnya. Terletak di Desa Masawah, Kabupaten Pangandaran, pantai ini masih sangat asri, suasananya sepi -sangat cocok dengan pengunjung yang ingin healing dan menjauh dari bisingnya kota.

Panorama pantai ini tambah indah dengan air laut tiga warna, biru di area laut lepas, hijau di tepian pantai, dan warna putih sebagai hasil debur ombak. Pantai ini mempunyai ikon pulau karang yang berada di tengah lautan.

Deburan ombak yang datang seolah terpecah karena adanya karang-karang tersebut. Rindangnya pepohonan dan tanah yang rata membuat Pantai Madasari ini cocok dijadikan sebagai tempat camping.

Bagi pencinta camping, kamu wajib mencoba camping di Pantai Madasari. Karena tempatnya cozy dan indah banget. Nggak salah sih, kalau banyak review positif dengan camping ground ini, bahkan Pantai Madasari menjadi salah satu tempat camping di Pangandaran yang selalu ramai didatangi para campers.

4. Pantai Karapyak Pasir Putih

Pantai Karapyak Pasir Putih (foto: instagram.com/ieezistiqomah/)
LokasiBagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga Tiket MasukRp10.000
Rating objek wisata4.5/5 dari 3.424 ulasan Google

Saat berwisata ke Pantai Karapyak Pasir Putih, kamu akan dimanjakan dengan sensasi mantai yang chill dan malas untuk pulang. Ya, pantai ini -seperti namanya- punya pasir yang putih, pemandangan indah, embusan angin yang lembut, dipadukan dengan suara deburan ombak yang membuat hati tenang sekaligus senang.

Berbeda dengan kebanyakan pantai yang hanya menyajikan pemandangan lautan seluas mata memandang, di pantai ini ada banyak spot instagenic di mana kamu bisa mengabadikan momen mantai yang super seru.

Salah satu spot paling hits yang ada di Pantai Karapyak ini adalah teras kaca. Saat naik ke teras ini, kamu bisa melihat laut lepas dari atas, lengkap dengan ombak yang berkejaran kian kemari.

Sebagai catatan, bila kamu mau berkunjung ke pantai ini, waktu terbaiknya adalah pagi atau sore hari. Saat weekday, pantai akan lebih lengang dan minim pengunjung. Jangan lupa untuk membawa baju ganti, karena salah satu keseruan saat berlibur di pantai ini adalah berenang di lautnya yang jernih.

5. Citumang Body Rafting

Citumang Body Rafting (foto: instagram.com/citumangfullbodyrafting/)
LokasiCitumang Parkir 1. Sukamanah, Bojong, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 07.00—17.00
Harga Tiket MasukRp20.000 per orang
Rp85.000 untuk body rafting
Rating objek wisata4.7/5 dari 2.040 ulasan Google

Jika teman-teman ingin mencoba wisata air yang menantang, coba deh berkunjung ke Citumang Body Rafting. Citumang Body Rafting mengajak kamu susur sungai dan juga river tubing dengan beberapa pilihan paket. Citumang dikenal dengan air sungainya yang jernih, arus air tak terlalu deras. Di beberapa titik susur, kamu akan diajak ke titik air terjun dengan berpegangan pada tali yang disediakan.

Untuk yang ingin menikmati sensasi melompat dari ketinggian, kamu bisa terjun dari mulut gua (dengan tinggi kurang lebih 10 meter), ini hanya berlaku untuk mereka yang tidak fobia ketinggian ya. Setelah puas menikmati susur sungai, kamu bisa menikmati sajian nasi liwet pedesaan yang menggoda.

Selain body rafting, aktivitas lain yang bisa dilakukan di wisata Citumang adalah camping, high-jumping, dan hammocking. Seru banget bukan? Untuk tiket masuk wisata ini adalah Rp20.000 saja. Jika kamu ingin menikmati Body Rafting, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp85.000 per orang.

6. Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandaran (foto: instagram.com/cagaralampangandaran/)
LokasiDesa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 07.00—17.00
Harga Tiket MasukRp20.000 per orang
Rp250.000 untuk pemandu
Rating objek wisata4.5/5 dari 59 ulasan Google

Bosan dengan wisata yang begitu-begitu saja? Yuk, kita berkunjung ke Cagar Alam Pangandaran. Kamu tak hanya menikmati waktu luang dengan berlibur saja, tetapi juga sambil mempelajari banyak hal. Keindahan Cagar Alam Pangandaran ini bisa kamu nikmati di Taman Wisata Alam Pangandaran.

Membentang di atas lahan seluas 530 hektar, kamu akan terpikat dengan berbagai keindahan alam di wisata ini. Mulai dari bukit kapur setinggi 20 meter, monyet ekor panjang, banteng, lutung, jogjog serta berbagai jenis fauna yang jarang terlihat. Sedangkan flora yang ada di Cagar Alam ini juga tak kalah menarik, ada laban, kisegel, pohon kondang, pohon barringtonia, bahkan merong.

Selain flora dan fauna, ada banyak sekali gua yang merupakan peninggalan sejak zaman Hindu dan pendudukan Jepang. Gua tersebut adalah Gua Lanang, Gua Panggung, Gua Sumur Mudal, serta Gua Parat.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berwisata ke Cagar Alam Pangandaran:

  • Melihat flora dan fauna
  • Berwisata ke Air Terjun di sekitar kawasan cagar (arah selatan)
  • Mengunjungi gua-gua yang ada sejak zaman pendudukan Jepang
  • Melihat Prasasti Batu Kalde atau Sapi Gumarang

Saat berkunjung ke wisata ini, pastikan kamu membawa alat penerangan atau senter, serta lotion anti-nyamuk dan sunscreen/tabir surya.

7. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu (foto: Heru Irawan)
LokasiDesa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga Tiket MasukRp10.000 per orang
Rating objek wisata4.4/5 dari 1.021 ulasan Google

Seperti namanya, Pantai Batu Hiu konon terbentuk karena sebuah legenda di zaman Kerajaan Mataram. Salah seorang pasukan kerajaan bernama Ki Braja Lintang saat itu ingin menangkap ikan di pantai, yang tertangkap adalah seekor hiu. Saat Ki Braja Lintang berniat melepaskan ikan tersebut, ikan tersebut berubah menjadi batu berwarna hitam besar. Karena hal inilah pantai ini dinamakan Pantai Batu Hiu.

Selain itu, daya tarik pantai ini adalah hamparan Samudera Hindia dengan debur ombak yang cukup kencang menghantam batu-batu karang. Air laut pantai ini berwarna biru, dengan tebing-tebing tinggi yang menambah apik pemandangan. Di Pantai Batu Hiu ini juga terdapat bukit yang bisa didaki dan menjadi spot berfoto dengan latar belakang laut yang membentang.

Sayang, ombak yang cukup besar membuat pantai ini tidak cocok dijadikan tempat berenang. Paling aman adalah berjalan dan menyusuri pinggiran pantai. Di sini, kamu juga bisa melihat konservasi penyu hijau. Penangkaran penyu ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Bagaimana, semangat ingin berlibur ke Pangandaran? Bentang alam Pangandaran ini memang luar biasa indah. Tak heran kalau ada banyak sekali wisatawan yang rela datang jauh-jauh demi mengunjungi objek wisata yang ada di sini. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih destinasi terbaik untuk berwisata, ya!

Categories Wisata